KEKUATAN TERSENYUM

Tujuhblas.com (Lokasi ; Tj. Bongo Galela)

Ada sebuah kisah Inspiratif datang dari 2 Ekor singa, Si singa murah senyum dan singa pemarah. Satu ketika, datanglah singa murah senyum kepada singa pemarah katanya: “Apa yang membuat kamu begitu pemarah seperti itu ? Kau membuat sekawanan dari kita bahkan yang lain begitu ketakutan karena ulahmu. Sebaliknya singa pemarah itu menjawab “ apa urusanmu denganku ? setiap hari aku merasakan kamu seperti tidak punya masalah denganku. Setiap hari kau selalu tersenyum padaku. Kau tahu, aku begitu pemarah, tapi kamu tidak takut padaku. Singa murah senyum itu lalu berkata “Itulah kenapa kamu jadi pemarah, karena bagimu siapapun yang ada didekatmu adalah masalah bagimu. Kamu tahu kehidupan di dunia ini bukan hanya tentang dirimu saja, karena mereka yang ada disekitarmu punya hak juga untuk tersenyum padamu kamupun harus bisa membalasnya, seperti aku yang tersenyum padamu. Singa  pemarah itu lalu terdiam sejenak dan berkata ; tidak ada yang sepertimu yang berani berkata demikian kepadaku ; itulah kenapa aku sangat berterima kasih padamu berkat kekuatan tersenyum yang ada padamu, engkau mampu membentuk aku lebih baik lagi. Ke dua singa itu kemudian tersenyum bersama.

Sobat, kehidupan kita begitu terasa sangat tidak berwarna jika sehari saja kita tidak tersenyum. Pengalaman berharga tentang senyum pernah saya dapatkan ketika saya masih duduk di bangku SMA, ketika itu Guru saya pernah berkata ; Siapa yang tidak senyum dalam sehari di sekolah, Ia akan di denda. Saya kemudian tertawa juga tersenyum pada waktu itu. Setelah menulis lebih jauh tentang tersenyum seperti cerita di atas antara Si singa murah hati yang begitu peduli dengan si singa pemarah, sebenarnya ada makna mendalam tentang tersenyum yaitu bagaimana senyum itu berdampak baik bagi kehidupan sekitar. Kekuatan tersenyum memiliki makna yang kuat sehingga dapat memberkati orang lain. Tidak bisa dipungkiri, banyak orang diluar sana yang ingin melihat senyum dari orang-orang sekitarnya. Memang kehidupan ada begitu banyak sisi kelam namun jangan sampai memudarkan senyum yang bisa kita bagikan untuk orang lain karena banyak yang mengharapkannya.

Ada begitu banyak kisah inspiratif lain yang bisa kita bisa petik sebagai fondasi kita tetap tersenyum. Dari sekian banyak kisah-kisah tersebut apakah benar kita mampu mempertahankan senyum kita dalam kehidupan kita sehari – hari ? atau hanya sementara setelah kita  membaca kisah tersebut. Sobat, sekali lagi Kekuatan tersenyum dapat menjadi saluran berkat, tersenyum adalah lentera jiwa yang dapat menyentuh hati seseorang sekeras apapun hatinya, namun senyum harus ditorehkan dengan senyum yang tulus. Senyum yang tulus adalah senyum yang diberikan tanpa paksaan. Oleh sebab itu sobat,  jadilah seperti si singa yang murah senyum, tanpa paksaan ia memberikan senyum yang tulus, dengan begitu niscaya kekuatan tersenyum yang kita miliki, kita semua mampu menjadi saluran berkat kebahagiaan. Salam motivasi.