Gambar (Mello.id)

Sobat, negara kita adalah salah satu negara dengan populasi pengguna internet terbanyak di dunia.  Media sosial termasuk salah satu jejaring sosial yang banyak diminati oleh khalayak ramai seperti anak muda bahkan orangtua. Kehidupan dunia maya bahkan kehidupan sehari-hari kita sebenarnya banyak dipenuhi dengan berbagai kisah, mulai dari kehidupan keluarga, kehidupan percintaan, pekerjaan dan lain sebagainya. Jika kita ingin bicara fakta, banyak sekali orang-orang biasa atau kalangan bawah dan para elit  yang termakan masalah di media sosial akibat ketidakbijaksanaan dalam menggunakan media sosial, begitupun di dalam kehidupan sehari-hari, sebagian masyarakat juga memiliki banyak cara pandang kehidupan yang berbeda tentang bagaimana bersikap dan dampaknya.

Sobat, berbicara tentang dunia maya dan dunia nyata, mimin ingin berkomentar sedikit. ada yang mengatakan dunia maya itu berbeda dengan dunia nyata, karena dunia maya hanya hidup melalui internet, sedangkan dunia nyata adalah kenyataan yang ada dalam kehidupan kita sehari-hari. Katanya dunia maya itu tidak terlalu penting untuk diperhatikan jadi orang bisa buat apa saja lewat media sosial. Sobat, secara pengertian memang benar bahwa dunia maya hanya dihidupi oleh internet, tetapi pada dasarnya yang menggunakan internet adalah manusia. Jelas di sini bahwa manusia atau kita adalah pengguna dari media sosial itu.

.  Mengikuti perkembangan zaman sekarang ini, ada sesuatu yang unik kaitannya dengan dunia maya dan dunia nyata di mana bukan hanya  dalam dunia maya orang-orang bisa sebebas-bebasnya mengekspresikan kehidupannya tanpa memikirkan dampak buruknya, seperti berkata-kata makian dalam media sosial tetapi kenyataannya eksistensi akan hal buruk itu juga terjadi dalam kehidupan nyata kita.  Sobat, di luar sana, banyak segelintir anak muda bahkan orang dewasa saat tidak atau sedang menghadapi masalah cenderung melakukan sesuatu yang merugikan dirinya sendiri bahkan orang lain.  Terkadang memandang masalah sebagai cobaan tetapi Sobat, masalah bukan alasan kita melakukan sesuatu yang buruk, tetapi sebenarnya problem atau masalah kita adalah ketika ketidakbijaksanaan itu kita munculkan. Jangan terfokus dengan masalah dan membuat kesadaran diri kita seakan hilang. Saat sobat di posisi ini, usahakan jangan membuat masalah seakan menguasai kita, tetapi bijaklah dalam mengelola masalah kita tersebut agar dampak yang dimuncul tidak berakibat buruk. Selebihnya lakukan aktifitas yang berdampak positif bagi kita juga orang lain.

Sekarang pertanyaannya, Bagaimana eksistensi kita dalam kehidupan kita sehari – hari ini, baik di dunia maya bahkan di dunia nyata ? berdampak buruk atau berdampak positif ?
 Dampak buruk adalah keadaan dimana kita memberikan pengaruh kurang baik kepada orang lain, sedangkan dampak positif adalah kebalikannya yaitu keadaan di mana kita mampu memberikan dampak positif atau  hal yang bermanfaat kepada orang lain contohnya lebih banyak melakukan hal positif dalam hidup seperti membaca buku, mengikuti bakti sosial, keikutsertaan dalam kegiatan rohani, tetapi sobat tidak menutup kemungkinan masalah akan tetap datang, namun tetap bijaklah dalam melakukan sesuatu.

Dari paparan tersebut, kira-kira sobat termasuk dalam kategori apa ? mimin sih berharap kita semua masuk dalam kategori orang-orang yang bedampak positif. Saran mimin, ketika masalah mulai menguasai kita, berpikir tenang, bijaklah dan ambil sisi positif. Salam Motivasi.