Tujuhblas.com (Lokasi : Gunung Merbabu, Jawa Tengah)


Dalam realita kehidupan sekarang ini, kita pasti memiliki sebuah cita-cita atau harapan. Semua manusia pasti memiliki keinginan yang hendak ia capai dalam hidupnya. Setelah diteliti lebih jauh, banyak kehidupan anak muda bahkan orang dewasa yang sampai sekarang terkadang pesimis dengan langkah yang telah ia lakukan hingga mengarah kepada kekecewaan.

Sobat, adakah diantara sobat yang pernah merasakan yang namanya kekecewaan ? atau hilang harapan terhadap sesuatu ? kurang lebih keduanya memiliki makna yang sama dimana kekecewaan adalah perasaan sedih yang begitu dalam ketika apa yang kita harapkan belum kunjung tercapai.

Sobat, banyak sekali orang-orang mengalami stress yang berlebihan akibat kekecewaan sehingga mengambil keputusan untuk mengakhiri hidupnya, ada juga yang ingin menghilangkan stress dengan cara berhura-hura dan meminum minuman keras. Hal ini terjadi ketika proses kehidupan tersebut yang dipikirkan hanya Hasil akhir bukan Prosesnya. Secara manusiawi kita pasti rentan dengan perasaan kecewa, namun adakah yang berani bertanya kenapa manusia mudah kecewa dan apa untungnya kecewa kalau bukan merugikan diri sendiri. Ini yang akan kita bahas lebih dalam lagi bagaimana seseorang yang mudah kecewa harus bisa menghargai proses hidupnya.

Proses adalah sebuah aktifitas atau pelaksanaan atau proses adalah jalannya sebuah peristiwa dari awal hingga akhir atau peristiwa itu masih berjalan. Proses kehidupan adalah jalannya sebuah peristiwa yang terjadi dalam kehidupan kita.

Sobat, Kita sering menjadikan cita-cita atau harapan sebagai sebuah patokan yang mengharuskan kita capai tanpa terkecuali. Namun ketika hal itu belum mampu kita raih, hal itu sebenarnya yang akan membuat kita rentan terhadap kekecewaan bahkan berakhir putus asa atau menyerah terhadap sebuah proses hingga acuh tahu lagi terhadap kehidupan kita. Pemahaman yang seperti ini yang harus kita Upgrade atau perbaharui ya sobat, bagi yang sering kecewa saya ingin bertanya, apa untungnya kita terus larut dalam kekecewaan. Kekecewaan tanpa bangkit lagi, sangat tidak ada untungnya sama sekali. Jangan larut dalam kekecewaan. Disinilah dibutuhkannya peran kesadaran dalam hidup kita dalam menjalani hidup dan mari kita berintrospeksi diri dan melihat  proses itu mampu mendewasakan kita.

Sobat, sangat penting bagi kita untuk menghargai proses yang telah kita lakukan, banggalah terhadap proses, bukan terus larut dalam kekecewaan. Dengan kita menghargai proses, kita akan tahu betapa kita butuh perjuangan untuk mencapai sesuatu, betapa kita butuh pengorbanan untuk mencapai sesuatu dengan begitu kita juga mampu menghargai diri kita juga menghargai orang disekitar kita. Salam Motivasi.