MENGELOLA KETAKUTAN

Gambar (Kumparan), Mengelola ketakutan, Kelola rasa takut


Sobat motivasi, ketakutan merupakan suatu momok yang paling sering muncul ketika seseorang merasa ia tidak yakin atas usaha yang hendak ia lakukan. Dalam bukunya Anand Krishna (2007) berjudul fear management, ia mengatakan bahwa ketakutan terjadi berdasarkan beberapa lapisan, salah satunya adalah lapisan fisik atau secara jasmani seseorang yang telah dibawah sejak lahir, hal ini akan terlihat ketika orang tersebut beranjak remaja hingga dewasa. Ada begitu banyak tipe orang dengan ketakuan yang berbeda dan menjadi masalah mental yang cukup mempengaruhi ketahanan individualnya dalam kehidupan sehari-hari. Ia juga menjelaskan bahwa orang-orang dengan masalah mental dapat melakukan tindak kejahatan, perampokan dan lain sebagainya.

Sobat motivasi, ada yang unik yang saya ingin share di sini, sebagai manusia biasa kita lantas tidak luput dari rasa takut terhadap sesuatu yang belum tentu dapat kita atasi, atau lebih parahnya kita takut bahaya misalnya takut akan gelombang, takut berbicara di depan umum, hingga ada juga yang malah mengkhawatirkan hari esok akan seperti apa. Sobat motivasi, orang-orang dengan tingkat ketakutan seperti ini biasanya karena lingkungan sehingga ia merasa kurang percaya dalam dirinya. Penting sobat, kita harus bisa mengenali dan menggali kekurangan pribadi kita seperti apa.

Sobat motivasi, percaya gak kalau sebenarnya ketakutan baik yang bersifat bawaan sejak lahir maupun terbentuk karena lingkungan bisa dikelola agar emosional kita menjadi lebih baik ? Jawabannya tentu bisa.  Dalam dunia ini, kita terbagi dalam dua kelompok besar orang-orang yang berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari kita. Ada orang yang malas namun mengharapkan zaman berubah, ada juga yang rajin mengubah diri dan menyebabkan terjadinya perubahan pada zaman. Mana yang paling pas untuk mengelola rasa takut ? jawabannya adalah tipe yang kedua, orang yang rajin mengubah diri adalah mereka yang mampu mengelola rasa takut dengan baik.

Sobat motivasi, mengubah diri adalah keadaan dimana kita mampu membentuk diri kita menjadi lebih baik, lebih tangguh dan sadar akan ketakutan . Biarkan rasa takut itu datang dan terima itu, karena ketika kita menghindar malah akan semakin terlihat menakutkan dan kita tidak akan mencoba menjadi lebih baik. Kedua adalah percaya diri dan meyakini bahwa anda perlu berubah karena ketakutan hanya dikendalikan oleh anda sendiri. Percaya sobat, ada hal-hal yang menakutkan di dunia yang bukan dibuat oleh orang lain, atau alam, tapi anda sendiri, karena itu sobat, evolusi diri dan relaksasi diri kita ini sangat diperlukan untuk menjadi lebih tangguh dalam menghadapi ketakutan. Salam motivasi.

Posting Komentar

0 Komentar