BERSYUKUR

Related image
Gambar (Beritagar), Bersyukur, Syukur dalam iman kristen dan muslim
Bersyukur adalah sebuah kata yang memiliki makna sangat mendalam bagi  kita. Pernah atau tidak, ada yang bertanya apa arti dari kata bersyukur itu? Apa manfaat dari kita bersyukur ? bagaimana caranya kita menjadi orang yang penuh syukur? dan saat-saat seperti apa kita harus bersyukur? Ada begitu banyak perspektif tentang Bersyukur, diantaranya perspektif dari sisi agama yang ingin mimin bahas di sini.


Dari perspektif Iman Kristen, Bersyukur merupakan ungkapan terima kasih yang adalah suatu keharusan atau kewajiban manusia dalam mensyukuri keselamatan, pemeliharaan, perlindungan Tuhan dalam kehidupannya yang harus ia wujudnyatakan. Sedangkan dalam perspektif Umat Muslim, tidak ada bedanya ya sobat, Bersyukur mencakup ungkapan hati, lisan dan perbuatan seseorang terhadap Allah atas segala yang telah Allah ciptakan. Dari pandangan 2 Agama ini dapat kita simpulkan bahwa Bersyukur adalah wujud ungkapan hati atau terima kasih kita sebagai manusia terhadap Tuhan Allah karena atas keperkasaannya dalam kehidupan kita. 


Sobat motivasi, berbicara tentang bersyukur, kita semua terkadang memiliki perasaan berubah-ubah, itulah yang terjadi ketika tingkat emosional kita dirangsang oleh kondisi yang mungkin sejalan ataupun tidak sejalan dengan apa yang kita pikirkan sehingga terkadang kita menjadi marah,  kecewa, atau bahagia. Kondisi marah, kecewa atau bahagia  adalah salah satu perasaan yang akan merespon kita juga apakah kita akan menjadi orang-orang yang bersyukur atau tidak.


Dari perspektif 2 agama diatas menerangkan inti yang mendalam bahwa Bersyukur adalah sebuah Ibadah, bersyukur adalah sebuah kewajiban, dan bersyukur harus diwujudnyatakan. Mari kita bahasa satu persatu.


Pertama, Bersyukur adalah sebuah Ibadah. Ibadah bukan hanya rutinitas atau bentuk kegiatan kita datang dan menyembah Tuhan saja, tetapi harus disadari bahwa ibadah adalah kebutuhan kita akan pentingnya kita harus melibatkan Tuhan di kehidupan kita dalam kondisi apapun dan bersyukur inilah juga adalah salah satu kebutuhan beribadah kita agar tetap mengingat Tuhan atas nafas hidup yang Tuhan berikan.


Kedua, Bersyukur adalah sebuah kewajiban karena hidup tanpa bersyukur pasti kita akan gelisah, tetapi sebaliknya jika kita mengatur hidup kita dengan tekad untuk menjadikan syukur sebagai suatu kewajiban, dipastikan sobat motivasi pasti akan lebih bahagia.


Sobat motivasi, yang paling terakhir terlepas dari 2 pemahaman diatas yaitu bersyukur harus diwujudnyatakan. Bagimana caranya ? caranya adalah bersifat dan bersikap bersyukur, misalnya tersenyum walau hidup kadang diperhadapkan dengan masalah, tetap sabar jika kita berada pada posisi terendah kita (baca postingan mimin sebelumnya), dan tetap bersyukur saat berkelebihan atau kekurangan. Sobat motivasi, diluar sana ada orang-orang yang tahu bagaimana bersyukur tetapi hanya sebagian orang yang mampu mewujudnyatakan. Semoga kita adalah bagian dari orang-orang yang mampu memujudnyatakan bagaimana menjadi orang-orang yang penuh syukur. Salam Motivasi.

Posting Komentar

0 Komentar