TIPS MENGGUNAKAN APLIKASI (ISU PRIVASI)

Gambar (blog.sineka.co.id)


#Teknologi. Sobat seventeen, akhir-akhir ini banyak sekali perbincangan tentang Aplikasi FaceApp yang digunakan oleh masyarakat umum hingga kalangan Artis papan atas. Sebenarnya aplikasi seperti apa ya FaceApp itu ? Setelah mimin telusuri beberapa sumber, ternyata FaceApp adalah sebuah aplikasi peranti bergerak untuk iOS dan Android yang dikembangkan oleh perusahaan Rusia Wireless Lab yang memakai teknologi jaringan neural untuk secara otomatis melakukan transformasi yang sangat realistik terhadap wajah dalam foto.

Sepanjang minggu berjalan akhir-akhir ini, mungkin media sosial kita ramai dengan foto tua seseorang dengan caption “muka tua”. Ya itulah salah satu kegunaan dari aplikasi FaceApp ini. Ada sumber yang mengatakan seperti yang dilansir oleh beberapa stasiun berita televisi bahwa aplikasi FaceApp sangat berbahaya dan mengancam data pengguna untuk dicuri atau disalahgunakan oleh pihak pengembang. Benar atau tidak ? Mari kita cari kebenarannya.

Sobat seventeen, terlepas dari semua issue yang beredar tentang Aplikasi FaceApp ini, ternyata telah dijawab oleh pihak pengembang seperti yang dilansir oleh merdeka.com (19 juli 2019) bahwa pihak FaceApp tidak menjual atau membagikan data pengguna apapun dengan pihak ketiga manapun, sekaligus FaceApp juga menyebut bahwa pengguna dapat meminta data mereka dihapus. Permintaan penghapusan ini bisa dilakukan lewat aplikasi, dengan mengakses setting, lalu support, report a bug. Jadi bagi sobat seventeen yang telah menggunakan aplikasi ini dan ingin menghapus file yang telah diizinkan diakses oleh Aplikasi FaceApp bisa lakukan dengan langkah tersebut.

Sobat seventeen, walaupun telah keluar pernyataan oleh pihak FaceApp langsung, ternyata masih jadi perbincangan yang hangat juga oleh peneliti tentang aplikasi ini, dan akhirnya dilakukan penyelidikan oleh FBI Amerika, Komisi Perdagangan AS (FTC) dan akan dilakukan pengawasan juga oleh Kemenkominfo Indonesia. Jadi, nanti kita tunggu saja ya informasi terbaru dari penyelidikan ini. Jadi kesimpulannya aplikasi ini belum dipastikan berbahaya atau tidak karena masih dilakukan penyelidikan oleh pihak-pihak tertentu dan pesannya, lebih baik kita bijak ya menggunakan aplikasi apapun itu.

Pada kesempatan ini, rasanya belum lengkap kalau mimin belum membagikan Tips agar kita tidak salah memilih Aplikasi yang hendak dipakai dan sebaiknya dalam menggunakan Aplikasi, sobat seventeen pertimbangangkan tips berikut ini ;
1.      Aplikasi diunduh dari sumber terpercaya
2.      Memilih aplikasi dengan bijak
3.      Perhatikan Izin yang ditawarkan oleh Aplikasi (Hindari langsung mengklik Next)
4.      Pastikan ada lapisan keamaan dalam perangkat kita.