MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI YANG BERMANFAAT

Tujuhblas.com, Percaya diri


Konsep pribadi yang baik atau citra diri yang positif itulah yang disebut dengan percaya diri (Rahmat, 2018).  Sobat seventeen, percaya diri adalah kekuatan yang sebenarnya dimiliki masing-masing orang, tetapi pada kenyataannya masih banyak yang dipenuhi dengan keragu-raguan bahkan belum memahami tentang kekuatan dari kepercayaan diri.  Hasil survey dan penelitian dari beberapa orang membuktikan bahwa kepercayaan diri sangat mempengaruhi perilaku atau eksistensi hidup seseorang, di mana orang yang penuh dengan kepercayaan diri mampu memberikan manfaat lebih bagi diri sendiri juga orang lain, tetapi sebaliknya orang yang tidak percaya diri lebih rentan untuk menutup diri, atau susah menyesuaikan diri dengan kelompok atau orang lain (Hendro, 2016).
Sobat seventeen, percaya diri sebenarnya adalah modal awal seseorang mengenal lingkungannya. Bagaimana agar kita lebih percaya diri, langkah awal yang harus kita sadari adalah percaya pada diri sendiri,  dan kedua adalah yakin dengan kompetensi yang kita miliki, artinya kita harus sadar bahwa kita memiliki keunikan tersendiri dan itu berharga. Ada banyak manfaat dari percaya diri yang belum banyak diketahui oleh sebagian orang sehingga kesannya orang itu seperti dipenuhi dengan keragu-raguan. Utamanya kekuatan percaya diri atau Optimis adalah  kekuatan yang lahir dari dalam diri seseorang, tetapi pada kenyataannya tidak banyak juga yang mendapatkan kepercayaan diri dan penyesuaian diri setelah menemukan dorongan motivasi dari orang lain atau kelompok tertentu. Hal itu terbukti bahwa berada dalam linggkungan yang positif dan suportif juga sangat penting untuk menumbuhkan kepercayaan diri.
       Sobat seventeen, tidak cukup sampai disitu, setelah kita menemukan kepercayaan diri kita masing-masing, ternyata ada kewajiban bahwa kita juga harus bisa membangun kepercayaan diri agar kita memetik manfaat. Bagaimana caranya ?
Pertama adalah kita harus mempunyai prinsip akan perubahan lebih baik dalam diri kita. Belajar adalah satu-satunya cara untuk meningkatkan kualitas diri. Dengan memiliki pola pikir lebih baik dan menemukan pengetahuan yang baru,  semuanya perlu belajar. Kedua adalah Aksi atau tindakan. Tanpa adanya pergerakan dari kita, kita tidak akan mewujudkan hal baru. Aksi atau tindakan akan meraih apa yang ingin kita lakukan atau miliki dan  apa saja yang dibutuhkan agar perubahan terjadi. Jadi, Setelah kita belajar, kita akan mengetahui apa saja yang diperlukan untuk berubah dan didukung oleh aksi atau tindakan. Ketiga adalah Evaluasi atas perubahan itu. Jadi, jangan kita menganggap bahwa kita sudah percaya diri dan belajar sesuatu berarti kita sudah bermanfaat ? Belum ya sobat seventeen, karena di sini adalah kunci agar kita terus menjadi lebih baik yaitu dengan mengevaluasi perubahan itu, apakah yang kita lakukan sudah bermanfaat ? ketika ada masalah, jangan biarkan masalah itu, tetapi cari solusinya. Begitu kira-kira siklusnya ya sobat seventeen.
             Jadi kesimpulannya, Percaya diri itu dimiliki oleh masing-masing kita, hanya tergantung apakah kita mau menumbuhkannya. Percaya diri itu mampu memberikan manfaat lebih, hanya tergantung bagaimana kita mau belajar mengasah sebuah perubahan untuk lebih baik lagi dalam diri kita. Itu semua tergantung keputusan kita, dan mimin berharap kita semua memiliki  kepercayaan diri kita dan ingin belajar lebih baik lagi.

Posting Komentar

0 Komentar