HOBI, BAKAT, DAN PASSION, MANA YANG HARUS DIPIKIRKAN TERLEBIH DAHULU ?

Tujuhblas.com, Hobi, Bakat, Passion

Dalam keseharian kita, banyak sekali kita menemukan banyak orang beraktifitas dengan hobi juga passionnya. Seperti halnya seseorang yang menyukai musik, cenderung akan lebih suka mendengar musik diwaktu senggangnya, dan sedikit berbeda dengan orang yang memiliki Bakat dan Passion dalam bidang musik, mereka akan lebih banyak menciptakan musik. Inilah sedikit perbedaan tentang Hobi, Bakat dan Passion.
Menurut kamus besar bahasa Indonesia, hobi merupakan sebuah kegemaran, kesenangan istimewa pada waktu senggang, bukan pekerjaan utama dab Bakat adalah sebuah kelebihan seseorang yang dianugerahkan oleh Tuhan, Sedangkan Passion (gairah) adalah rasa keinginan yang keras atau hasrat yang kuat terhadap sesuatu untuk memperolehnya.
Sobat tujuhblas, menjadi mahasiswa adalah salah satu kebanggaan bagi orangtua, juga pribadi seseorang apabila ia diberi kesempatan untuk menuntut ilmu pada jenjang yang lebih tinggi. Memilih jurusan atas dasar hobi apakah bisa ? dan memilih jurusan karena passion apakah bisa ?  Dalam bidang pekerjaan, apakah juga harus melibatkan hobi  dan passion ? tentu kedua-duanya bisa dilakukan, karena hobi adalah bagian dari passion, tetapi tidak langsung sama dengan passion. Jadi, mana yang harus dipikirkan lebih dahulu ? yang jelas yang harus disadari dahulu bahwa kamu punya passion bukan hanya sekedar hobi. Bagaimana menemukan sebuah passion ?
Dalam bukunya Dedy Dahlan ada 5 faktor penentu seseorang mampu menemukan passion yaitu berdasarkan hobi, Bakat, Minat, Kekaguman dan Antusiasme :
  • Hobi. Berdasarkan hobi apabila kita memutuskan untuk membuat hobi kita jadi lebih produktif dengan cara mengembangkannya.
  • Dimulai dari bakat. Bakat adalah kelebihan yang diberikan Tuhan, yang mampu kita kembangkan dan kerjakan setiap hari.
  • Dimulai dari kekaguman, ketika anda mengagumi seseorang yang hebat dalam suatu bidang sehingga anda terdorong untuk tahu lebih banyak tentang bidang tersebut, dan tanpa sadar anda telah memiliki kemampuan atau kelebihan di bagian itu.
Dengan demikian sobat tujuhblas, faktor diatas apabila tidak menjadi perhatian baik, akhirnya kita tidak akan memiliki gairah untuk mengembangkan lebih dalam dan lebih jauh maka hal itu disebut bukanlah menjadi passion kita, tetapi hanya sekedar Hobi, Bakat atau Rasa Kagum. Namun ketika kita punya kerinduan untuk mengembangkannya setiap hari, maka kita telah menemukan sebuah passion dalam diri kita. Banyak orang memiliki hobi dan bakat, tetapi hati kecilnya berkata bahwa hal itu bukan menjadi passion atau prioritasnya. Seperti mimin, punya hobi dengarin musik dan nyanyi, tapi hal itu bukan merupakan passionnya mimin, dan lain sebagainya. Tetapi ada juga yang beruntung karena menemukan passionnya di dalam hobi dan bakatnya.
Sobat tujuhblas, bagi seorang mahasiwa dan pekerja, menemukan passion itu sangat penting karena mempengaruhi Mental, Fisik, Psikis dan Keaktifan seseorang. Seseorang yang melakukan Sesuatu dengan passion akan tidak banyak mengalami stress dan tekanan tetapi akan lebih menikmati pekerjaannya dan dengan lugas menyelesaikan masalah.
Cerita kali ini datang dari salah satu anggota DPR RI yaitu Hillary Brigitta Lasut yang lahir pada tanggal 22 Mei 1996 yang dinobatkan sebagai anggota DPR RI termuda periode 2019-2024. Bukan hal baru bagi Hillary saat ia memilih untuk terjun ke dunia politik, karena sebelumnya,  ayah dan ibunya telah lebih dahulu bekerja  dalam dunia politik. Perlu diketahui, hal ini sesungguhnya tidak menjadi faktor utama atau alasan ia berpolitik dengan mengikuti jejak orangtuanya, tetapi ia lebih memilih menemukan apa yang menjadi passion dalam dirinya. Bagi Hillary, terjun dalam dunia politik bukan hanya sekedar hobi, tetap lebih lagi menemukan passion atau menemukan sesuatu yang membuat Ia bergairah untuk terus belajar, berkembang dan maju.  Ada pesan yang disampaikan Hillary untuk anak muda Indonesia yang hendak atau ingin berkuliah atau bekerja. Hillary mengungkapkan bahwa lebih baik menemukan passion dalam diri kita agar tidak salah memutuskan sesuatu yang berkaitan dengan kuliah atau pekerjaan.
Sobat Tujuhblas, kembali pada diri kita masing-masing, temukanlah sesuatu yang membuat kita bergairah ketika ingin belajar dan mengembangkan sesuatu. Lihatlah itu dari hobi, bakat atau kekaguman kita terhadap sesuatu, tetapi perlu diingat, buatlah pilihan yang benar-benar murni membuat kita haus untuk belajar dan mengembangkannya.  Sepakat kalau kita harus memikirkan passion dalam diri kita terlebih dahulu ya sobat dan tidak ada kata terlambat bagi siapapun untuk mencoba. Dengan menemukan passion, kita akan lebih punya tekad dan tentunya akan lebih mencintai apapun yang kita lakukan.



Posting Komentar

0 Komentar