ADA JALAN BAGI MEREKA YANG TERUS BERUSAHA


Tetap berdoa dan berusaha 

Kehidupan sangat identik dengan berbagai kisah, termasuk kisah perjuangan misalnya. Hal itu merupakan proses dari kehidupan yang kita jalani. Proses itu bisa menyakitkan, bisa mengecewakan, atau menyulitkan. Sesulit apapun proses yang sobat alami saat ini, sobat harus percaya akan ada jalan bagi sobat yang terus berusaha. Jika saat ini sobat tidak mendapatkan apa yang sobat inginkan. Jika saat ini sobat merasa gagal mendapatkan apa yang diimpikan. Maka tetaplah berdoa dan berusaha.

Tetaplah berdoa dan berusaha karena Tuhan tidak pernah meninggalkan anak-anakNya, sehingga sesuatu yang tidak mungkin akan menjadi nyata. Saat kita menyerahkan beban kita dalam doa di samping itu kita terus berusaha, maka jalan itu akan terbuka lebar untuk dilalui. 

Ada cerita inspiratif dari seorang mahasiswa yang sedang dalam proses menulis tugas akhir kuliahnya atau skripsi. Saat itu ia mengalami banyak sekali kendala mendapatkan standar buku untuk menopang tugas akhirnya. 

Kesulitan demi kesulitan muncul karena hendak membeli sebuah buku untuk menopang penulisannya. Buku yang dicari harus sesuai dengan standar yang diminta dosen pembimbingnya. Buku tersebut adalah buku yang dirilis terbaru dan sama sekali tidak tersedia di perpustakaan kampus, yang tersedia hanya di perpustakaan nasional indonesia dalam versi bahasa Indonesia. 

Proses mencari standar buku itu membutuhkan waktu kurang lebih satu hingga 2 bulan sebelum ia memutuskan mencoba melakukan pembelian di perpustakaan nasional. Seorang mahasiswa ini sebelumnya mencoba mencari standar buku itu di perpustakaan kampus tetapi yang didapati hanya standar buku yang lama. Ia juga coba menelusuri internet dengan berbagai kata kunci dengan anggapan mungkin ia bisa mendapatkan yang gratis, namun ia juga belum kunjung mendapatkan buku itu. Penawaran demi penawaran, keluh kesah ia torehkan hingga hendak putus asa mengingat tinggal sebulan lagi deadline memasukan tugas akhir di kampusnya. Artinya kalau ia terlambat, ia belum bisa lulus di tahun itu dan bisa mengikuti lagi di tahun berikutnya dalam periode yang baru.

Sering kali ia merasa sangat lelah dengan proses yang ia alami, tetapi doa, semangat dan harapan untuk berhasil selalu ia miliki. Hingga suatu saat, kesulitan itu belum juga berakhir, saat ia hendak membeli buku tersebut di perpustakaan nasional. Selain harga dan biaya pengiriman yang sampai belasan juta, rentang waktu pengiriman buku itu juga bisa memperlambat kelulusannya, karena buku itu bisa saja tiba 1 hingga 2 bulan dari tanggal pengiriman sedangkan deadline tugas akhir di kampus tinggal sebulan. Hal ini menambah kebinggunan bagaimana mendapatkan standar buku ini sedangkan waktu yang sangat tidak memungkinkan. 

Kesabaran, ketekunan, doa, harapan, tidak mudah putus asa, dan tetap berusaha menjadi bagian terpenting hingga hari itu pun tiba. Kebinggungan semakin bertambah, dan lebih baik pulang dan beristirahat sejenak. Mahasiswa itu merasa sangat lelah, dan lebih baik tidur dengan kondisi segala sesuatu masih menyala di dalam kamar, laptop selesai mencari referensi buku yang di cari dan musik sebagai hiburan. Ia terdiam seperti hendak ingin putus asa, tapi merasa diri masih ada harapan lalu dalam hatinya berkata ‘Tuhan, jika Kau izinkan aku lulus tahun ini, aku terima, dan Jika tidak, aku tetap menerima’ lalu ia beristirahat sejenak. 

Saat ia bangun dari tidurnya, ia masih memiliki harapan yang tinggi lalu ia kembali melakukan pencarian referensi buku itu di internet. Hal yang mungkin tidak disangka setelah berbulan-bulan mencari buku itu. Kali ini hanya sekali melakukan pencarian di internet akhirnya ia mendapati standar buku tersebut dengan edisi komplit secara gratis. Standar buku tersebut hanya diupload satu-satunya lewat salah satu portal pendidikan universitas di Australia. Buku itu dalam versi bahasa inggris. Hal yang ia ucapkan pertama kali adalah berterima kasih kepada Tuhan karena Doa dan Usaha yang ia lalukan tidaklah sia-sia. Sesuatu yang kelihatannya tidak mungkin menjadi nyata. Dengan mendapatkan buku itu akhirnya ia bisa menyelesaikan tugas akhirnya hingga lulus sesuai target dengan predikat sangat memuaskan. 

Sobat tujuhblas, cerita diatas adalah kisah nyata yang mengingatkan kita bahwa ‘ADA JALAN BAGI KITA YANG TERUS BERUSAHA’ banyak cara namun kuncinya yang paling utama adalah berdoa, berusaha dan jangan mudah putus asa, karena proses adalah bagian dari ujian hidup. Sekali lagi tetaplah berdoa dan berusaha karena Tuhan tidak pernah meninggalkan kita sehingga sesuatu yang tidak mungkin akhirnya menjadi nyata. 

Posting Komentar

0 Komentar