BAGAIMANA MENJADI DIRI SENDIRI ?

Tujuhblas.com, Jadi diri sendiri


“Jangan tanyakan pada diri Anda apa yang dibutuhkan dunia. Bertanyalah apa yang membuat Anda hidup, kemudian kerjakan. Karena yang dibutuhkan dunia adalah orang yang antusias” - Harold Whitman

Menjadi diri sendiri mungkin sudah menjadi prinsip hidup banyak orang. Tapi terkadang kita salah menggunakan prinsip itu sehingga terkesan kita lebih menonjolkan sifat keras kepala kita kepada orang lain. Ada anggapan bahwa menjadi diri sendiri adalah bebas melakukan apapun yang kita mau yang menurut dunia hal itu baik.

Sobat tujuhblas, perkataan Harold Whitman diatas mengingatkan kita akan pentingnya menjadi diri sendiri yang sebenarnya terletak bukan pada apa yang dibutuhkan dunia, tetapi menjadi sebuah perenungan untuk kita, menjadi diri sendiri yaitu kita harus menyadari apa yang sebenarnya membuat kita hidup.

Membuat kita hidup adalah salah satu syarat sangat penting untuk seseorang yang ingin menjadi diri sendiri agar tidak tergoda untuk jadi seperti yang orang lain mau bahkan dunia inginkan. Ada fakta seseorang bisa saja dapat berubah sifat dan sikapnya  karena lingkungannya, tetapi bagi seorang yang punya prinsip percaya pada dirinya, hal itu akan sulit ia lakukan,  karena ia merasakan sendiri, menanamkan apa yang membuat ia hidup dengan menjadi diri sendiri akan lebih bermanfaat.

Menjadi diri sendiri adalah menyadari apa yang sebenarnya membuat kita hidup, bukan apa yang dunia mau, dan bukan hanya membuat kita bebas.  Ada seorang dosen berkata kepada mahasiswanya ; Kebebasan itu bukan melakukan apa saja yang kamu mau tetapi bebas adalah melakukan apapun yang kamu inginkan dan tetap menghargai kebebasan orang lain. Jadilah bebas, dengan tetap menghargai kebebasan orang lain. Lalu bagaimana menjadi diri sendiri agar membuat kita lebih hidup ?

Sobat tujuhblas, hidup seperti bayangan itu sangat tidak menyenangkan karena yang terlihat hanya bayangan dengan corak hitam saja, sehingga kesannya begitu kelam. Hiduplah seperti pelangi yang memiliki banyak warna yang kesannya begitu hidup, maka sobat akan lebih merasakan yang namanya lebih hidup. Itulah jawaban atas pertanyaan bagaimana menjadi diri sendiri agar membuat kita lebih hidup. Jadilah diri sendiri dengan melihat keunikan dalam diri kita sendiri, karena semua orang pasti memiliki keunikan itu. Optimalkan semua potensi yang membuat kita hidup dan bergairah. Lakukan apapun yang membuat kita bahagia.  Maksud dari menjadi diri sendiri di sini adalah kita harus mengoptimalkan potensi atau bakat yang kita miliki tanpa harus mengubah keunikannya.

Sobat tujuhblas, jadilah diri sendiri yang dilayakan untuk merasakan hidup yang sesungguhnya, yaitu mencintai keunikan yang kita miliki, potensi yang kita miliki, bakat yang kita miliki, maka semua kebahagiaan itu akan ditambahkan. Jangan berharap lebih kepada dunia,apalagi menjadi orang lain, tetapi buatlah penghargaan itu kepada diri kita sendiri. Menjadi diri sendiri adalah memfokuskan energi yang ada pada diri kita untuk menjadi yang terbaik untuk diri kita hingga sesama. 

Posting Komentar

0 Komentar