HARI INI UNTUK MASA DEPAN YANG LEBIH BAIK


Harapan, Impian, Mimpi, Masa Depan 



Sobat tujuhblas, mendapatkan kehidupan yang lebih baik siapa yang tidak mau sih di dunia ini, pasti banyak orang menginginkan itu dengan cara mendapatkan pekerjaan yang layak, atau bisa jadi ada juga yang ingin mendapatkan kehidupan yang lebih baik dengan cara memiliki pasangan hidup yang lebih baik atau lebih mapan darinya. Tidak bisa dpungkiri juga, banyak cara lainyang dilakukan sebagian orang hingga keinginan atau harapan itu bisa diwujudkan. Itulah masa depan kelak.

Mengharapkan sebuah masa depan yang lebih baik menjadi tujuan hidup seseorang. Ada sebuah kisah nyata, cerita ini tentang 2 orang lelaki parubaya saat diinterview soal pekerjaan oleh seorang atasan di perusahaan tersebut. Saat itu atasan bertanya kepada kedua lelaki itu, 'apa yang menjadi motivasi kalian ingin bekerja di perusahaan ini ? Kedua lelaki itu lalu menjawab ; ingin menjadi lebih baik dan ingin membuat orangtua bangga. Sobat tujuhblas, cerita yang sangat singkat tetapi memiliki makna yang besar tentang masa depan.

Masa depan adalah representasi pikiran seseorang dari harapan-harapan yang ia inginkan. Masa depan akhirnya nanti adalah bukti nyata pikiran dan tindakan seseorang berdasarkan konsistensi atau inkonsistensi cara hidupnya. Sungguh penting sebuah masa depan itu hingga banyak yang mengejarnya.

Sobat tujuhblas, adakah yang berfikir jika ternyata mengatur masa depan yang lebih baik bukan hanya tentang harapan, keinginan, atau ucapan belaka yang ketika diucapkan hanya merupakan wacana? Bagaimana kita harus mengatur masa depan itu ?

Mengatur masa depan yang lebih baik dimulai dari doa, perjuangan, pengorbanan, kesabaran, dan ketekunan, walau terkadang segala sesuatu yang kita perjuangkan tidak instan kita dapatkan. Mengatur masa depan itu butuh proses. Kadang-kadang sebagian dari proses itu juga mampu lebih mendewasakan diri kita lebih dahulu. Jangan hanya menunggu atau berharap masa depan itu datang tetapi kita juga harus siap atau beranikan diri untuk bekerja keras dan bekerja cerdas dan memiliki keputusan yang tepat juga. Mengharapkan kehidupan atau masa depan yang lebih baik, janganlah menunggu masa depan itu datang, tetapi alangkah lebih baik itu diperjuangkan dan dikerjakan dari hari ini.

Masa depan adalah masa kini yang yang harus dibentuk. Masa depan adalah tergantung bagaimana kita di masa sekarang ini, ketika semuanya bergantung pada keputusan kita. Sekali lagi, jangan kita hanya terfokus pada wacana tentang mengejar masa depan tetapi lupa bagaimana mengatur hari ini untuk lebih baik dari hari kemarin. Seperti halnya kita beresolusi tentang masa depan yang lebih baik, tetapi jika kita masih memelihara kebiasaan kecil yang merugikan kehidupan kita sekarang, bagaimana bisa kita jadi lebih baik dimasa yang akan datang? yang harusnya sudah kita tinggalkan dan jadikan pelajaran hidup.

Sobat tujuhblas, masa depan ternyata merupakan abstraksi pemikiran seseorang di masa yang akan datang tetapi hari ini adalah bukti dari harapan-harapan masa lalu. Hari ini adalah cerminan bagaimana kita yang telah mengatur harapan itu. Jika hari ini kita belum bisa mendapatkan keinginan kita sesuai harapan, maka jangan pernah berkecil hati atau menyerah. Siklus kehidupan ibarat roda yang berputar, jatuh bangun pasti ada, senang dan sedih pasti ada, bahagia dan kecewa pasti ada. Karena itu, doa, perjuangan, pengorbanan, kesabaran, dan ketekunan haruslah dipupuk dalam diri kita masing-masing. Ketika hari ini kita mengatur hari-hari kita jadi lebih baik, bisa dipastikan secara tidak langsung harapan-harapan itu akan menjadi milik kita.






Posting Komentar

2 Komentar

  1. lakukan hal-hal yang baik saat ini, menjadi hal yang baik juga untuk masa depan juga tentunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali.. terimakasih sdh mampir..
      Semoga bermafaat :)

      Hapus