ORACLE APPLICATION EXPRESS (APEX)

bonex apex: Tips Belajar Oracle APEX
ORACLE APPLICATION EXPRESS

A. Oracle Application Express disingkat APEX, sebelumnya bernama Oracle HTML DB) adalah lingkungan pengembangan perangkat lunak berbasis web yang berjalan pada database Oracle. APEX diciptakan oleh Mike Hichwa . APEX dapat digunakan untuk membangun aplikasi web kompleks yang dapat digunakan di hampir semua browser web modern. Lingkungan pengembangan APEX juga berbasis browser. 


B. SEJARAH TENTANG APEX 


Application Express telah melalui banyak perubahan nama sejak didirikan pada tahun 2000. Nama-namanya meliputi: 
  • Flows
  • Oracle Platform
  • Project Marvel
  •  HTML DB
  • Application Express (APEX)
APEX digunakan secara internal oleh Oracle untuk mengembangkan beberapa situs dukungannya. The AskTom pengetahuan dan toko online baik berjalan di APEX. Situs dukungan Metalink berlari pada APEX untuk beberapa waktu sebelum akhirnya digantikan oleh solusi Oracle ADF. 

C. KEGUNAAN 

Application Express adalah suatu alat yang digunakan untuk membangun Aplikasi web-based. Selain itu Oracle Application Express tidak membutuhkan perangkat lainnya untuk mengembangkan, menyebarkan serta menjalankan Aplikasi, karena di dalam Oracle Application Express telah menyediakan tiga alat utama. Tiga alat utama ini memiliki Kegunaan yang penting di dalam Oracle Application Express yaitu ; 

Application Builder : Membuat aplikasi, melihat aplikasi, mengimport aplikasi, mengatur service, mengatur user aplikasi dan memantau aktifitas yang di lakukan pengguna.
SQL Workshop : Membuat tabel dan komponennya (menggunakan kode PL-SQL secara manual maupun otomatis), melihat struktur tabel dan komponennya, mengimpor dan mengekspor script.Utilitas : melihat report table dan komponennya dan history aplikasi.

D. ARSITEKTUR APEX 

Komunikasi antara web browser dan Database dimana engine APEX berada melalui Web Listener. Adapun web listener yang bisa dipakai adalah 

- Oracle Application Express Listener 
Cara pertama memakai Oracle Application Express Listener yang merupakan sebuah Java based sebagai alternative dari Apache mod_plsql. Anda bisa memakai web listener seperti OC4J, Oracle WebLogic Server dan Oracle GlassFish Server. 

- Apache MOD_PLSQL 
Cara kedua dengan mengimplementasikan Oracle HTTP Server (Apache) sebagai middle tier yang berisi mod_plsql plug-in . Plugin berfungsi sebagai penghubung komunikasi antara Web server dan Oracle Application Express objects yang ada didalam Oracle database. Arsitektur ini memerlukan konfigurasi file dads.conf. serta file image yang disimpan didalam Oracle HTTP Server (Apache). 

- Embedded PL/SQL Gateway 
Cara ke tiga dengan Embedded PL/SQL Gateway (EPG) yang bekerja didalam oracle Database itu sendiri yaitu XML DB HTTP server. Arsitektur ini menyimpan file metadata seperti images, CSS, dan JavaScript didalam database. Konfigurasi ini cocok untuk development karena memerlukan konfigurasi yang mudah namun untuk production tidak disarankan untuk memakai ini. 








Posting Komentar

0 Komentar