Pentingnya Budaya Organisasi dalam perusahaan

Selain dukungan teknologi, ternyata sebagai perusahaan untuk terus berkembang atau berinovasi harus memperhatikan nilai yang satu ini. Budaya organisasi (organization culture) adalah sistem keyakinan, nilai atau norma yang dikembangkan oleh perusahan sehingga dianut oleh anggota-anggotanya dalam mengatasi masalah adaptasi internal ataupun eksternal perusahaan. 




Dalam sebuah kajian dijelaskan bahwa Budaya Organsasi sangat berpengaruh terhadap kinerja karyawan dalam perusahaan karena dapat mencerminkan nilai-nilai bahkan tujuan dari perusahaan tersebut. Karyawan adalah salah satu aktor perusahaan yang harus menerima budaya ini. Bila perusahaan tidak memperhatikan budaya organiasi dengan baik maka hal tersebut bisa saja berpengaruh negatif terhadap kinerja karyawan.

Untuk merancang sebuah budaya organisasi, perusahaan memerlukan banyak kajian bahkan keputusan yang kemudian dianggap efektif untuk diterapkan mengingat fungsi dari budaya organisasi yaitu  sebagai stabilitas, komitmen, bahkan identitas perusahaan. Beberapa contoh sederhana budaya organisasi adalah sebagai berikut.
  1. Disiplin
  2. Kerjasama Tim
  3. Inovasi
  4. Kerapian Administratif
Budaya organisasi yang kemudian diadopsi oleh karyawan dengan baik bisa menjadi suatu kebanggaan bagi perusahaan dengan cara memberikan penghargaan terhadap karyawan.


Posting Komentar

0 Komentar