PERBEDAAN ARTIKEL ILMIAH DAN NON ILMIAH


Artikel Ilmiah
Menulis : Artikel Ilmiah dan Non Ilmiah

Artikel merupakan sebuah karya tulis yang bersifat ilmiah dan non ilmiah. Jika membandingkan kedua sifat artikel ini maka yang banyak memiliki aturan penulisan adalah Artikel Ilmiah karena Artikel ilmiah adalah bentuk karya tulis yang memaparkan hasil dari penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan sedangkan Artikel Non Ilmiah adalah karangan yang menyajikan fakta pribadi tentang pengetahuan dan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari, biasanya menggunakan gaya bahasa yang tidak terlalu formal.

Beberapa contoh Artikel Ilmiah :

Laporan Penelitian

Laporan ini membahas penelitian dengan jelas yang bisa dipahami semua orang karena sifatnya mempertanggugjawabkan penelitian yang dilakukan. Laporan ini berisi prosedur, proses, dan sistematika jalannya penelitian.

Makalah

Makalah berisi pembahasan mengenai suatu topik tertentu. Makalah dibuat dengan aturan-aturan tertentu yang dilandasi suatu teori atau penelitian yang telah dilakukan di lapangan.

Seminar

Seminar adalah salah satu bentuk dari proses akademis yang bisa diselenggarakan oleh lembaga akademik, organisasi profesi, atau bahkan lembaga komersial. Biasanya dalam seminar terdapat satu pembicara atau lebih yang akan mempresentasikan hasil penelitiannya dan tanya jawab bisa dilakukan oleh siapa saat diberikan kesempatan untuk bertanya.

Skripsi

Istilah yang dipakai di Indonesia untuk mengilustrasikan karya tulis imiah berupa hasil penelitian mahasiswa S1 Skrispi membahas permasalahan atau fenomena tertentu dengan mengikuti tata cara penulisan skripsi yang benar sesuai yang diberlakukan oleh perguruan tinggi tersebut.

Jurnal Ilmiah

Jurnal Ilmiah adalah  publikasi ilmiah yang secara nyata mengandung data dan informasi yang ditulis sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan ilmiah serta diterbitkan secara berkala.

Beberapa contoh Artikel Non Ilmiah :

Novel

Novel adalah tulisan yang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang yang berada di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku dalam kisah yang diceritakan.

Dongeng

Dongeng adalah bentuk cerita tradisional atau cerita yang disampaikan secara turun-temurun. Biasanya cerita dalam dongeng digunakan sebagai bacaan untuk anak kecil.

Cerpen

Cerpen adalah cerita pendek yang berkisar dari 500 – 5000 kata. Cerita dalam cerpen biasanya bersifat prosa naratif fiksi atau imajinatif

 

 


Posting Komentar

0 Komentar