JENIS-JENIS KALIMAT

Dalam menulis artikel, sangat penting untuk diketahui jenis-jenis kalimat dari penulisan artikel agar sobat dapat menyeimbangkan atau menyusun kalimat dengan baik dan benar.

Ilustrasi Menulis Kalimat (Picjumbo)


Secara umum, Jenis-jenis Kalimat  adalah sebagai berikut :

Kalimat Deklaratif merupakan kalimat yang berisi pernyataan dengan lengkap mengenai Informasi. Contohnya : Bupati memerintahkan kepala desa untuk ikut rapat bersama.

Kalimat Interoigatif merupakan kalimat yang  mengandung pertanyaan. Biasanya memiliki tanda baca (tanda tanya).  Contohnya ; Mengapa bupati meminta kepala desa ikut rapat bersama ?

Kalimat Imperatif merupakan kalimat perintah dan permintaan yang biasanya mengandung tanda baca (tanda seru). Contohnya : Tolong kirimkan surat undangan kepada setiap  kepala desa untuk rapat bersama!

Kalimat Seruan merupakan kalimat yang dapat mengekspresikan kekaguman, kesenangan, kemarahan, atau ajakan  seseorang. Contohnya : Keputusan rapat bersama yang dilakukan oleh bupati sudah sangat tetap. 

Jenis-jenis kalimat dalam Artikel Ilmiah adalah sebagai berikut :

Kalimat Realita/Fakta 
Kalimat Realita atau Fakta adalah sebuah kalimat yang mengandung kebenaran dibuktikan dengan penelitian atau kejadian nyata. Kalimat Realita atau Fakta menjadi gagasan utama dalam penulisan karya ilmiah. Karena gagasan tersebut menjadi dukungan terhadap isi dari Artikel yang ditulis.

Kalimat Opini
Kalimat Opini adalah Kalimat yang mengandung pandangan atau pemahaman kita dari sebuah fakta atau realita. Kalimat Opini harus kritis terhadap fakta yang akan dibahas. 

Kalimat Teori
Kalimat Teori adalah Kalimat yang berisi tentang teori atau pembahasan dari fakta atau realita yang dibahas.

Untuk membuat sebuah kalimat dalam Artikel Ilmiah, sangat disarankan untuk menggunakan Jenis kalimat Artikel Ilmiah yakni Kalimat Realita, Kalimat Opini dan Teori karena Jenis-jenis Kalimat Artikel tersebut dapat membantu penulisan isi artikel yang akan dibahas.

Posting Komentar

0 Komentar