KOMPONEN ARTIKEL ILMIAH

Umumnya, Artikel Ilmiah memiliki beberapa komponennya dan pada setiap komponen artikel ilmiah terdapat pehitungan bobot. Artikel ilmiah dikelola oleh ilmuan terkemuka yang ahli dibidangnya. Seperti halnya Jurnal Ilmiah yang berisi Artikel ilmiah yang ditulis oleh Ilmuan yang ahli pada bidangnya.

Dalam beberapa kasus, Artikel Ilmiah dibuat untuk memecahkan suatu permasalahan dengan landasan teori dan metode-metode ilmiah yang berisikan data, fakta, dan solusi mengenai suatu masalah yang diangkat. Penulisan karya ilmiah dilakukan secara runtut dan sistematis.

(Pexels) SSP
Menulis Artikel Ilmiah

Artikel Ilmiah bisa mencakup 3 hal di dalamnya yaitu sebagai berikut :

Pendahuluan. 
Pendahuluan berisikan dasar-dasar penelitian ilmiah dilakukan, masalah yang diangkat, dan mekanisme penyelesaian masalah itu.

Isi dan Pembahasan. 
Bagian isi dan pembahasan ini bisa terdiri dari satu atau lebih bab. Jumlah bab pada bagian ini bergantung seberapa dalam pembedahan dan pembahasan dari bahan penelitian. Pada bagian ini juga bisa terdapat  analisis yang sangat rinci mengenai masalah yang diangkat hingga penulis mendapatkan hasil.

Kesimpulan. 
Bagian kesimpulan berisikan kesimpulan dari hasil analisis pada bagian isi dan pembahasan. Kesimpulan yang disampaikan pada bagian ini berupa penjelasan singkat dan padat mengenai hasil analisis. 


Posting Komentar

0 Komentar